Bukan Hanya Papua, Ini 5 Daerah Penghasil Emas di Indonesia

Info Beregam – Emas merupakan logam yang berharga dan tentunya digemari banyak orang karena dapat digunakan sebagai investasi.

Dilansir dari situs gold.org, Indonesia merupakan negara penghasil emas terbesar ke-9 di dunia. Pada tahun 2021, Indonesia menghasilkan sekitar 117,5 ton emas. Lantas daerah mana saja di Indonesia yang menghasilkan emas?

Berikut 5 Daerah penghasil emas di Indonesia

  1. Papua

Papua menjadi kota pertama yang menempati daerah penghasil emas terbesar di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mimika. Daerah tersebut juga merupakan tambang emas terbesar, yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Setiap harinya PT Freeport Indonesia bisa menghasilkan 240 kilogram emas murni.

2. Sumbawa

Pulau Sumbawa tepatnya di penambangan Batu Hijau, NTB, merupakan kota penghasil emas terbesar di Indonesia setelah Papua. Di lokasi ini, telah ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Keberadaan emas di daerah tersebut banyak dilirik negara tetangga.

3. Gosowang

Gosowong menempati posisi ke-3 sebagai lokasi tambang emas terbesar di Indonesia. Daerah ini dikelola oleh perusahan BUMN, yakni PT Aneka Tambang. Selama melakukan proses penambangan bijih emas, setidaknya sudah ada 20 juta ons yang telah ditambang dari tanah Halmahera ini.

4. Pujon

Desa Pujon, Kalimantan Tengah, menjadi salah satu lokasi penghasil emas terbesar di Indonesia. Desa ini sering dijuluki sebagai Desa Emas karena memiliki bijih emas. Diketahui, cadangan emas di tambang Pujon ini telah diperhitungkan tidak akan habis digunakan hingga beberapa puluh tahun mendatang.

5. Tujuh Bukit

Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur, termasuk salah satu kota penghasil emas terbesar di Indonesia. Lokasi ini memiliki cadangan mineral yang diperkirakan mencapai 1,9 miliar ton. Dari total tersebut, 28 juta ons di antaranya adalah emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *